top of page

Belajar Bijak Dalam Menggunakan Paylater



Paylater telah menjadi gaya hidup untuk sebagian generasi millenial, selain memiliki banyak manfaat seperti promo dan potongan harga, kini fitur Paylater dinilai sebagai pilihan yang menarik karena lebih mudah pengajuannya. Hanya dengan berbekal data diri, kamu sudah dapat menikmati fasilitas ini.


Tapi, penggunaan paylater juga harus benar-benar digunakan secara bijak dan berhati-hati untuk menghindari tagihan menumpuk atau potensi terjadinya tindakan kriminal.


Berikut ini dia 5 tips untuk bijak dalam menggunakan paylater:


1. Jangan Pernah Menggunakan/Meminjamkan Akun Paylater Kamu Untuk Kebutuhan Orang lain

Ketika kamu memberi akses akun paylater kepada orang lain lalu orang tersebut menghilang atau tidak membayarkan tagihan yang telah dilakukan, yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap transaksi atau tagihan tersebut adalah diri kamu sendiri dikarenakan transaksi dilakukan secara sah dan sadar dimana telah melewati tahap-tahap keamanan sesuai dengan standart seperti OTP, Face Recognition dan Kata Sandi.


Orang sekitar mungkin terlihat baik dan dapat dipercaya, namun tak ada jaminan akan hal tersebut. Perubahan atau pun niat seseorang bisa terjadi kapan saja, terlebih ketika menyangkut uang. Jangan sampai menjadi korban dan merugi, selalu jaga akun Paylatermu dengan benar dan jangan pernah meminjamkannya kepada siapapun. Perlindungan diri adalah hal terpenting.


2. Paylater bukanlah sumber dana segar untuk berinvestasi maupun mendapatkan keuntungan besar

Waspadai modus investasi berkedok belanja menggunakan paylater pada toko tertentu, memberikan review, lalu kamu mendapatkan keuntungan dari sana dimana kamu telah dijanjikan akan mendapatkan sejumlah uang yang cukup besar usai memberikan review.


3. Ketahui Kemampuan Membayar Kamu

Sebelum menggunakan Paylater kamu harus tau benar dimana letak kesanggupan bayar kamu. Contohnya kamu bisa menggunakan maksimal 20% dari total penghasilan bulanan kamu, atau memiliki batas maksimal untuk membayar cicilan setiap bulannya misalnya Rp 500.000 - Rp 1.000.000 setiap bulannya. Dengan menetapkan batas kemampuan, kamu bisa lebih bijak dalam berbelanja menggunakan Paylater. Aplikasi penyedia PayLater akan menginformasikan skema pembayaran.


4. Lakukan pembayaran tepat waktu, Jangan Menunda

Selalu lakukan pembayaran tepat waktu jangan sampai menunda dan menunggak saat jatuh tempo pembayaran, Semakin kamu menunda, semakin besar pula bunga cicilan dan denda yang harus kamu bayar. Umumnya, platform penyedia jasa PayLater memiliki fitur pengingat dan perhitungan denda, yang bisa kamu pelajari.

Jika terjadi hal diluar prediksi misalnya terjadi musibah atau kemalangan sehingga menyebabkan kesusahan dalam membayar segera hubungi penyedia paylater agar bisa dibantu untuk berdiskusi dan menemukan solusi untuk kedua belah pihak.


5. Waspada & Laporkan

Jika kamu menemukan keanehan atau hal yang mencurigakan terkait akun paylater kamu segera laporkan ke center resmi Akulaku Paylater di 1500920, jangan malu dan takut laporan kamu bisa membantu kami untuk mencegah kejadian-kejadian serupa di masa depannya!


Mulai sekarang, kamu harus selalu pastikan platform paylater yang ingin kamu gunakan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Seperti Akulaku Paylater salah satu perusahaan multifinance berbasis online yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Mari kita menggunakan paylater secara bijak dan bertanggung jawab.

Comments


bottom of page