top of page

WASPADA! Penipuan Mengatasnamakan Akulaku dan Akulaku Paylater


Belakangan ini belanja online telah menjadi tren menarik untuk masyarakat Indonesia. Terlagi dengan tidak harus bertemu dengan penjual, belanja online ini bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran yang mempermudah pembelinya seperti Paylater.


Ada banyak aplikasi belanja online dengan metode pembayaran Paylater salah satunya Akulaku Paylater yang mana telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Tidak hanya berbelanja online saja, Akulaku Paylater dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan seperti tagihan air, listrik dan masih banyak lagi.


Akulaku Paylater tidak hanya memudahkan untuk bertransaski saja, namun kamu dapat mudah untuk melakukan pengajuan pembukaan akun dalam aplikasi tersebut.

Meski dalam prosesnya sangat mudah, namun ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.


Seperti yang beredar akhir-akhir ini bahwa ada yang mengatasnamakan Akulaku/Akulaku Paylater/Merchant Akulaku melalui panggilan selular. Dimana pengguna yang telah melakukan transaksi di Akulaku diminta untuk mengkonfirmasi pemesannya dengan mengklik link yang diberikan melalui aplikasi whatsapp dengan permintaan melengkapi data diri dari pembeli tersebut agar limit pengguna tersebut terus dapat digunakan kedepannya.


Tidak hanya itu saja, namun penipu seringkali memberikan beberapa celah untuk menipu dari pengguna Akulaku seperti:

  1. Mengirimkan link dengan modus penawaran hadiah/cashback atau konfirmasi penerimaan barang yang harus dilakukan secara manual untuk barang yang Alovers pesan di Akulaku.

  2. Mengirimkan nomor VA atau Virtual Account dengan modus pembayaran tagihan.

  3. Mengirimkan file dengan format APK dan diminta untuk mengunduh dengan modus pengecekan status paket dan atau permintaan pembaharuan aplikasi Akulaku.

  4. Menginformasikan bahwa Limit Akulaku Paylater tidak dapat digunakan dan mewajibkan pengguna untuk memperbarui data diri dengan mengisi form untuk dapat menggunakan kembali limit kredit.


Untuk menghindari hal tersebut, kami akan memberikan beberapa tips agar ALovers tidak menjadi korban dari penipuan mereka.

  1. Hindari chat Whatsapp yang mengatasnamakan E-commerce Akulaku, Akulaku Paylater, & Merchant/Penjual/Seller yang meminta konfirmasi terima barang secara manual atau di luar aplikasi.

  2. Jangan pernah melakukan transaksi pembelian ataupun pembayaran tagihan secara manual diluar aplikasi atau melalui link yang dikirimkan melalui Whatsapp.

  3. Jangan pernah mengunduh aplikasi atau file APK yang tidak jelas sumbernya.

  4. Hindari mengunggah foto untuk ulasan atau review produk yang terdapat data pribadi Alovers.

  5. Berhati-hati dan selalu cermat sebelum mengklik, unduh, membuka link atau file yang mencurigakan.

  6. Jangan pernah memberikan kode OTP, Password serta PIN kepada siapapun

  7. Apabila Alovers ragu dengan informasi yang ALovers terima, kamu bisa memastikan kebenaran informasi tentang Akulaku dengan menghubungi Call Center Akulaku hanya di 1500920.


Semoga dengan artikel ini dapat membantu ALovers agar tidak menjadi salah satu korban dari penipuan mereka yah, #AmanBersamaAkulaku .

Comments


bottom of page