top of page

Waspadai penipuan dengan Virtual Account



Saat ini Alovers pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Virtual Account terutama saat ingin melakukan transaksi digital.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menjaga keamanan Virtual Account nih Alovers. Sebelum melanjutkan pembahasan lebih jauh. Alover tau tidak apa itu Virtual Account ?

Jadi Virtual Account itu adalah produk financial technology (fintech) yang dibuat khusus untuk untuk memudahkan pengguna melakukan berbagai jenis transaksi termasuk penerimaan dana. Beberapa hal yang membuat Virtual Account ini mudah untuk digunakan diantaranya adalah Transaksi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, prosesnya lebih singkat karena bisa dilakukan hanya dengan telepon gengam serta dapat melakukan berbagai jenis transaksi.


Selain untuk kemudahan, hal - hal tersebut juga lah yang membuat Virtual Account sering disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Untuk menambah kewaspadaan Alovers, berikut ini kita berikan beberapa modus-modus kejahatan penipuan yang biasa digunakan dengan Virtual Account serta tips untuk menghindarinya.

  1. Mengaku sebagai kerabat atau teman yang sedang membutuhkan pertolongan. Tips : Kenali gaya bicara dan bahasa dari lawan bicara Alovers. Biasanya pelaku akan berpura - pura sangat dekat dengan kita dan mencoba meminta bantuan kepada kita saat itu juga dengan alasan sedang terkena musibah dadakan, tidak ada yang bisa menolong selain kamu dan harus ditolong saat itu juga dengan cara mentransfer sejumlah uang.

  2. Undian berhadiah palsu. Tips : Coba ingat - ingat kembali apakah Alovers pernah mengikuti undian ketika ada pelaku yang mencoba menjebak Alovers dengan cara memberikan pengumuman ke pada Alovers melalui pesan singkat. Biasanya isi pesan tersebut selain menginformasikan kalau Alovers memenangkan undian, ada pesan juga untuk mentrasfer sejumlah dana untuk melakukan pencairan hadiah.

  3. Toko online palsu. Tips : Lakukan pengecekan ulang terhadap akun toko online di mana pun itu mau di sosial media atau pun di market place ketika dicek akunnya mencurigakan seperti kolom komentar yang dinonaktifkan atau minimnya interaksi di tiap postingannya maka Alovers patut mewaspadainya. Selain itu, apabila tidak ada opsi pembayaran dengan pihak ke tiga atau melalui market place resmi maka perlu juga untuk Alovers waspadai.

Nah, itu adalah beberapa contoh modus yang sering digunakan oleh para penipu untuk melakukan penipuan dengan menggunakan Virtual Account Alovers serta tips untuk menghindarinya.


Semoga setelah Alovers membaca tentang penipuan menggunakan Virtual Account ini Alovers bisa lebih waspada lagi ketika melakukan transaksi digital yang melibatkan Virtual Account.

1,198 views
bottom of page