top of page

Tips Menghindari Modus Kejahatan Phising

Updated: Sep 11, 2023



Pernahkan Alovers mendengar istilah kata Phising ? Phising yang berasal dari kata Fishing adalah suatu modus kejahatan digital yang bertujuan memancing korbannya untuk memberikan data pribadi secara sukarela.


Phising ini umumnya dilakukan melalui email atau dengan cara meniru website resmi suatu institusi resmi. Agar korbannya lebih mudah dikelabui biasanya mereka juga menyamakan URL atau link websitenya sehingga sekilas tampak seperti website resmi dari suatu institusi yang ditiru. Sehingga biasanya korbannya tidak akan sadar kalau mereka sedang dipancing untuk memberikan data pribadinya.


Setelah data pribadi korban berhasil didapatkan. Biasanya data tersebut akan dijual kepada pihak ketiga atau disalah gunakan untuk melakukan pinjaman online dengan mengatasnamakan korban atau yang lebih parahnya lagi melakukan transaksi digital dengan akun korban.


Nah, berikut ini kami bagikan beberapa tips supaya Alovers bisa menghindari aksi Phising ini


  1. Selalu update dan cari tau informasi tentang Phising

  2. Jangan sembarang klik ketika sedang berselancar di dunia maya

  3. Perhatikan baik - baik URL/link yang diterima sebelum diklik

  4. Rutin memperbarui browser

  5. Pastikan keamanan website yang diakses

  6. Ketika sudah terlanjur mengklik URL yang salah, waspada ketika dimintai data pribadi, OTP, PIN serta Password

  7. Apabila sudah terlanjur memberikan data pribadi, OTP, PIN ataup Password, Alovers bisa menghubungi CS untuk melakukan pembekuan akun


Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk menghindari modus kejahatan Phising. Semoga setelah membaca ini Alovers bisa lebih berhati - hati lagi dalam berselancar atau melakukan aktifitas digital apapun.

141 views

Comentários


bottom of page