top of page

Tips Aman Berbelanja Online, Jangan Sampai Kamu Tertipu

Updated: Jul 10, 2023


Selama pandemi covid-19, berbelanja secara online menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membeli barang. Bahkan berbelanja online sendiri akan terus menjadi tren yang sangat kuat untuk beberapa tahun kedepan.


Melansir dari data indonesiabaik.id, bahwa jumlah pengguna e-commerce di Indonesia sejak 2017 mencapai 139 juta pengguna, kemudian mengalami kenaikan sebesar 10,8% dengan total 154,1 juta pengguna pada tahun 2022.


Sejalan dengan meningkatnya transaksi online, ALovers harus tetap berhati-hati karena ada sebagian yang memanfaatkan peluang ini untuk melakukan penipuan.


Berikut ini dia beberapa tips buat ALovers agar aman berbelanja online:


1. Perhatikan baik-baik toko online tersebut

Kamu dapat berbelanja onlie di tempat yang terpercaya demi keamanan data kamu. Pilihlah aplikasi yang memang sudah memiliki lisensi terpercaya seperti Akulaku.


2. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Pelaku penipuan online biasanya akan memperlihatkan sebuah barang dalam toko tersebut dengan harga yang murah. Hal inilah yang akan membuat orang untuk tergiur untuk membeli barang tersebut.


3. Perhatikan testimoni dengan baik

Banyak orang yang berfikir kalau testimoni yang ada di toko online adalah benar-benar asli dari pembeli. Padahal dengan semakin maraknya toko online, tidak kemungkinan aka nada testimoni yang fiktif atau memanipulasi testimoni.


4. Perhatikan katalog produk yang ditampilkan

Tidak semua toko online menggunakan foto asli dari produk yang mereka jual tersebut. Agar terlihat lebih menarik, mereka bisa saja menggunakan model untuk memperindah produk tersebut dan menambahkan efek-efek sehingga terlihat bagus.


5. Cek rekening dari toko online tersebut

Seperti yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhir-akhir ini telah menerbitkan sebuah situs yang dimana akan membantu kamu terhindar dari penipuan dan modus saat bertransaksi jual beli online. Kamu dapat cek melalui lama ini www.cekrekening.id


6. Berbelanja di Official Store

Tips terakhir yang paling aman adalah dengan berbelanja di official store. Tentunya semua barang yang ada di etalase official store brand telah memlalui lolos quality control dan akan terjamin original.

bottom of page