top of page

Hati-Hati Jika Diminta Konfirmasi Penerimaan Barang Melalui Whatsapp



Hi, ALovers


Penipuan online semakin hari kian beragam ada saja skema baru yang menargetkan kepada para konsumen, seperti phishing, scam dan malware. Selain itu, iming-iming yang digunakan penipu sangat bervariasi tergantung pada tahun, peristiwa besar terkini, momentum, berita, dan lain-lain.


Baru - baru ini sering muncul kasus penipuan yang mengatasnamakan E-commerce Akulaku, Akulaku Paylater atau Merchant/Penjual/Seller Akulaku melalui link yang dibagikan pada aplikasi Whatsapp.


Dengan alasan konfirmasi penerimaan barang harus dilakukan secara manual untuk barang yang ALovers pesan di aplikasi akulaku. Penipu tersebut melakukan caranya dengan melakukan chat ke beberapa konsumen dan memberikan link konfirmasi palsu yang berbahaya jika kamu klik.


Berikut beberapa modus penipuan yang sering dilakukan, antara lain:

  1. Membagikan link di whatsapp dengan modus mengkonfirmasi penerimaan barang.

  2. Membagikan link di whatsapp dengan modus pembayaran barang.

  3. Membagikan link promosi untuk berbelanja di aplikasi Akulaku melalui whatsapp dengan mengatasnamakan Akulaku.

Untuk menghindari hal tersebut, kami akan memberikan beberapa tips agar ALovers terhindar dari penipuan, antara lain:

  1. Hindari chat Whatsapp yang mengatasnamakan E-commerce Akulaku, Akulaku Paylater, & Merchant/Penjual/Seller yang meminta konfirmasi terima barang secara manual atau di luar aplikasi.

  2. Jangan pernah melakukan transaksi pembelian ataupun pembayaran tagihan secara manual, diluar aplikasi atau melalui link yang dikirimkan melalui Whatsapp.

  3. Hindari mengunggah foto untuk ulasan atau review produk yang terdapat data pribadi ALovers.

  4. Call Center Akulaku hanya ada satu yaitu 1500920.

  5. Jangan pernah memberikan kode OTP, Password serta PIN kepada siapapun.

  6. Apabila ALovers ragu dengan informasi yang kamu terima. ALovers bisa memastikan kebenaran informasi tentang Akulaku dengan cara menghubungi Call Center Akulaku di 1500920.

Nah, demikian artikel singkat terkait modus penipuan baru yang mengatasnamakan Akulaku melalui Whatsapp. Jadilah konsumen yang kritis dan cerdas dalam bertransaksi.

Comments


bottom of page